Program Jariyah Nasional

[UPDATE]
Project saat ini: Pipanisasi Semanu
08 Januari 2024

  • Dana masuk yang tertera dalam penggalangan donasi di sini sudah langsung tertunaikan, sehingga sisa dana yang tersedia jauh lebih sedikit dari pada yang tertera. Dana yang sudah digunakan sekitar Rp 16 Juta, terealisasi dalam Pipanisasi Kadisono dan 2 unit toren air untuk dua masjid di Magelang.
  • Pengimplementasian dana donasi selalu berubah bentuk & tempat amal jariyahnya, misalnya: pipanisasi, tempat wudhu, pembuatan tampungan air, pembelian pompa air, dan semisalnya sesuai permintaan yang masuk.
  • Dokumentasi bisa di lihat di kolom Kabar Terbaru.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631).

dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

سَبْعٌ يَجْرِيْ لِلْعَبْدِ أَجْرُهُنَّ مِنْ بَعْدِ مَوْتِهِ وَهُوَ فِي قَبْرِهِ : مَنْ عَلَّمَ عِلْمًا ، أَوْ أَجْرَى نَهْرًا ، أَوْ حَفَرَ بِئْرًا ، أَوَ غَرَسَ نَخْلًا ، أَوْ بَنَى مَسْجِدًا ، أَوْ وَرَثَ مُصْحَفًا ، أَوْ تَرَكَ وَلَدًا يَسْتَغْفِرُ لَهُ بَعْدَ مَوْتِهِ

“Ada tujuh amalan yang pahalanya tetap mengalir untuk seorang hamba setelah dia meninggal, padahal dia berada di dalam kuburnya: (1) orang yang mengajarkan ilmu agama, (2) orang yang mengalirkan sungai (yang mati) (3) orang yang membuat sumur, (4) orang yang menanam kurma, (5) orang yang membangun masjid, (6) orang yang memberi mushaf al-Quran, dan (7) orang yang meninggalkan seorang anak yang senantiasa memohonkan ampun untuknya setelah dia wafat.” (HR. al-Bazzar dalam Musnadnya 7289, al-Baihaqi dalam Syuabul Iman 3449, dan yang lainnya. Al-Albani menilai hadis ini hasan).

Peduli Muslim sebagai lembaga sosial dan kemanusiaan telah berkiprah melayani masyarakat sejak tahun 2015. Berbagai program rutin harian, tahunan dan insidental telah terlaksana. Seiring semakin dikenalnya manfaat Peduli Muslim untuk masyarakat, banyak aduan atau permintaan pelayanan dari khalayak yang masuk ke pengurus yayasan.

Salah satu aduan itu ialah, permintaan bantuan untuk pendirian dan perbaikan masjid, pengeboran sumur, pipanisasi, pengecoran jalan, pendirian rumah tahfidz, pembagian mushaf Al Qur’an, dan lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan umat akan hal tersebut, dibukalah donasi Program Jariyah Nasional ini. Peduli Muslim menerima aduan dari penjuru tanah air, namun tentunya dalam implementasinya diukur dengan kapasitas SDM kami.

Pengajuan yang disetujui ialah berdasar permintaan masyarakat yang sudah terverifikasi dan hasil observasi Tim Peduli Muslim secara langsung. Program Jariyah Nasional ini dibuka sepanjang tahun, dan pentasyarufannya disesuaikan donasi yang masuk dan RAB yang tersedia.

    There are no latests news yet

21 Apr 2024

Zien
Rp 100.208

20 Apr 2024

Dpm
Rp 50.375

20 Apr 2024

Hari
Rp 50.336

19 Apr 2024

Abiyyu
Rp 100.448

19 Apr 2024

Anonim
Rp 350.211

18 Apr 2024

Anonim
Rp 10.430

17 Apr 2024

Anonim
Rp 100.063